Rabu, 15 Juli 2015

Trip to Flores! (Perjalanan)

Selamat siang semua! 
Siang ini gue bakal cerita tentang trip ke flores yang baru gue lakuin beberapa hari yang lalu. Berhubung liburan kali ini panjang banget, akhirnya gue memutuskan untuk jalan jalan meng-explore flores bersama sepupu sepupu gue. 

Apasih yang terkenal dari flores? Kekayaan alamnya pastinya! Belum lagi ada salah satu keajaiban dunia disana, yaitu Pulau Komodo. 

Okeee langsung ya. Kami berangkat ke flores pada tanggal 23 Juni. Kami ke Flores gak naik pesawat karena ngirit duit heehee. Jadi kami overland 3hari 3 malem untuk menuju Flores. Gimana caranya? 

Pertama kami naik kereta dari bandung sampai jogja. Kok dari bandung? Karena temennya sepupu gue itu orang Flores. Jadi kami ke Flores bareng sama dia dan dia juga yang jadi tourguide kami selama beberapa hari disana. 
Setelah sampai jogja, lanjut kereta lagi sampai banyuwangi. 

Perkiraan harga kereta (ekonomi ac)  
Bandung - Jogja: 90.000
Jogja - Banyuwangi: 100.000
Total: 190.000

Banyuwangi itu udah paling timurnya pulau jawa. Depan stasiun banyuwangi adalah pelabuhan. Jadi setelah sampai banyuwangi, kami lanjut nyebrang ke Bali menggunakan kapal. 

Perjalanan menyebrang ke Bali cuman 1 jam saja kok. Setelah sampai pelabuhan Gilimanuk, pelabuhan yang berada di baratnya pulau Bali, kami lanjut naik bis menuju timurnya pulau Bali, Pelabuhan Padang Bai. Gue lupa tepatnya berapa jam perjalanan dari Gilimanuk ke Padang Bai. 

Setelah sampai Pelabuhan Padang Bai, kami istirahat sebentar. Sholat subuh dan membersihkan diri. 

Lanjut, kami menyebrang ke Lombok menggunakan kapal. Perjalanan ke Lombok kurang lebih 4 jam. Nah sesampainya di baratnya lombok, kami langsung mencari transportasi untuk menuju terminal mandalika. Biasanya ada kok beberapa orang yang menunggu di pelabuhan untuk menawarkan transportasi. 

Setelah melakukan negosiasi, akhirnya kami lanjut ke terminal mandalika. Tips untuk diterminal, hati hati ya. Banyak sekali calo dan sering terjadi keributan karena berebut pelanggan. Hati hati sama barang. Kalau bisa dibawa sendiri biar gak dibawa calo dan malah kena harga yang gila nya bukan main. 

Tujuan kami dari terminal mandalika adalah ke Bima. Bima sudah berada di NTB. Sesampainya di Bima kami lanjut dengan angkutan umum seperti elf menuju Pelabuhan Sape (paling timurnya NTB) 

Daftar harga transportasi dari Bali-Sape
1. Kapal dari Banyuwangi-Bali: 7.500
2. Bis dari gilimanuk-padang bai: 55.000 
3. Kapal Bali-Lombok: 45.000
4. Bis dari terminal Mandalika-Bima: 250.000
5. Angkutan umum Bima-Sape: 30.000
Total keseluruhan: 387.500

Oiya hati hati ya di terminal Bima. Akan ada beberapa orang yang langsung membawakan barang barang kalian ke angkutan umum yang akan kalian naikin. Kalau mereka minta dikasih uang 10.000, kasih aja. Daripada ada keributan bisa bisa nyawa jadi taruhan. Soalnya pas kami disana, ada ibu ibu yang tidak mau bayar. Jadilah ada keributan tonjok tonjokan. Kan serem. Cuman 10.000 kok. 

Nah sesampainya di pelabuhan Sape, ini adalah perjalanan terakhir untuk sampai NTT. Kami menyebrang menuju Labuan Bajo. Labuan Bajo ini tempat transitnya NTT. Sebelum pergi ke pulau pulau lain yang ada di NTT, ini adalah tempat transitnya. 

Kapal dari Sape-Labuan Bajo: 
60.000 untuk dewasa dan 40.000 untuk anak anak (harga calo) 

Jadi total harga untuk transportasi dari bandung sampai Labuan Bajo
190.000 + 387.500 + 60.000 = 637.500
Ya dibandingkan naik pesawat 1.700.000 heheehe 

Sesampainya di Labuan Bajo, kami langsung cari penginapan. Akhirnya kami menginap di Hotel Pelangi. Setelah menaruh barang, kami diajak oleh ka edy (temen sepupu gue yang asli orang Flores) untuk melihat sunset dari puncak waringin. 

Didalam foto itu, itu adalah pelabuhan Bajo. Baru sampai sini aja pemandangannya udah keren banget!

Hari ini gue ceritanya segini dulu deh. Kalau gue lanjutin sampe hari terakhir bakal panjang banget. Bakal gue share lagi Trip to Flores besok ya! Ini info untuk perjalanannya aja duluu. 

Tunggu Trip to Flores selanjutnya! 

Catatan: selama perjalanan, kami tidak istirahat mencari penginapan. Kami terus jalan sehingga menghabiskan waktu 3 hari 3 malam





3 komentar:

  1. perjalanan yang hebat.

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Kalo dari labuan bajo ke pulau pasar jauh ga? Makasih

    BalasHapus
  3. Hi all.. saya dan seorang teman akan boat trip selama 3D2N, 18-20 N0v 2016 kita sudah ambil private boat. Akan lebih seru dan murah jika ada yang ingin bergabung. Wa aja: 081298264392

    BalasHapus