Rabu, 15 Juli 2015

Trip to Flores! (Tour Pulau)

Selamat siang!
Hari ini gue bakal ngelanjutin trip to Flores kemarin! Kali ini gue bakal cerita hari hari pertama gue di Flores dan tour pulau pulau kecil di Flores yang gue lakuin.

Setelah menginap semalam di Hotel pelangi, kami akan lanjut pergi ke Pulau Rinca. Kami menginap di rumahnya temen sepupu gue itu. Kami akan menginap di Pulau Rinca 3 hari 2 malam.

Perjalanan dari Labuan Bajo ke Pulau Rinca itu lumayan lama. Jadi kami berangkat siang dan sampai disana sore. Gue sendiri lupa tepatnya berapa jam perjalanan. Tapi selama perjalanan, kami disuguhkan pemandangan pemandangan yang luar biasa! Bukit bukit di kanan kiri kami. Warna laut yang berbeda beda, ada yang ijo muda, biru muda, hingga biru tua juga mencuci mata kami.

Oiya kami ke Pulau Rinca dijemput oleh omnya temen sepupu gue itu. Pakai kapal nelayan sekalian mengangkut para penumpang yang juga mau ke Pulau Rinca.

Sesampainya di Pulau Rinca, kami istirahat. Membersihkan diri, persiapan buka puasa, duduk duduk di dermaga melihat sunset dari dermaga.

Besoknya, kami segera melakukan Tour Pulau. Oiya untuk biaya tour Pulaunya sendiri, kami mengeluarkan biaya 900 ribu/orang dan kami mendapat kurang lebih sekitar 6 pulau yang bisa kami kunjungi. Biaya 900rb/orang itu sudah termasuk transportasi dan segala biaya masuk untuk mengunjungi pulau. Biaya makan di luar itu semua ya.

Harga itu termasuk murah! Karena ketika kami bertanya ke agen agen tour, untuk tour ke pulau komodo saja bisa menghabiskan 3juta lebih/org. Hanya satu pulau. Sedangkan kami sudah mendapat 6 pulau.

Kami tidak pakai agen tour. Karena ada temen sepupu gue yang siap menjadi tourguide kami selama tour pulau. Jadi kami bayar ke dia dengan harga yang cukup jauh menguntungkan heheheh.

Lanjut! Hari pertama kami mengunjungi Loh Buaya. Loh buaya itu adalah tempat untuk melihat komodo. Tapi ini bukan pulau komodo ya. Oiya segala pulau yang masih melestarikan Komodo juga dianggap sebagai salah satu keajaiban dunia loh! Jadi bukan Pulau Komodonya aja.

Kami melakukan short track. Berhubung lagi musim kawin bagi para komodo, jadi kami hanya melihat 2 komodo saja.
Setelah melihat lihat komodo, kami pergi ke atas bukit untuk melihat pemandangan yang bagusnya gak kira kira lagi!

Setelah foto foto, kami lanjut jalan lagi. Setelah dari Loh Buaya, kami lanjut ke Pulau Kambing. Entah kenapa dinamakan Pulau Kambing walaupun gak ada satupun kambing disana.

Pulau Kambing juga punya pemandangan yang luar biasa! Pulau kambing ini sepi sekali. Gak perlu bayar untuk bisa bermain di Pulau ini. Free!

Kalau mau lihat pemandangan seperti ini dari Pulau Kambing, kalian harus naiki bukit dulu. Pemandangan ini ada di belakang Pulau Kambing. Walaupun capek untuk naik bukitnya (yaiya orang lagi puasa) tapi pemandangannya bikin gak nyesel sama sekali!

Setelah puas bermain dan foto foto di Pulau Kambing, kami lanjut lagi. Kami mengunjungi 3 Pulau dalam satu hari. Jadi yang selanjutnya ini adalah Pulau terakhir pada hari itu. Kami lanjut ke Pulau Kelor! Jujur gue akuin, ini adalah salah satu Pulau yang paling keren yang gue kunjungi hari itu! Pemandangannya subhanallah!

Lagi-lagi untuk mendapatkan pemandangan seperti itu, harus mendaki bukit lagi. Tapi pemandangannya bakal memuaskan sekali!

Tour pulau hari ini sudah selesai. Kami pulang, membereskan barang kami. Karena besoknya kami akan tour pulau sekalian pamit.

Skip.

Hari selanjutnya!
Hari ini jadwal kami untuk pergi ke Pulau Padar, Pink Beach, dan Pulau Komodo!

Pertama kami ke Pulau Padar. Sebetulnya pemandangan pulau Padar itu luarbiasa keren kalau bisa masuk lewat pintu depannya. Tapi berhubung arus laut lagi tidak bersahabat dan kami hanya menggunakan kapal nelayan, jadi kami hanya bisa masuk lewat pintu belakang. Tapi satu hal yang gue kasih tau, lewat pintu manapun kalian masuk, pemandangannya akan sama sama memuaskan!

Lanjut lagi. Setelah puas di Pulau Padar, kami lanjut ke Pink Beach! Kenapa disebut Pink Beach? Karena pantainya warna pink hihi. Kami juga berenang disana. Karena warna air lautnya jernih sekali!

Main di pink beach juga free!

Setelah berenang di Pink Beach kami lanjut ke Pulau Komodo. Pink Beach dan Pulau Komodo itu tidak terlalu berjauhan. bahkan dekat sekali. Tapi bukan berarti di Pink Beach ada komodo juga ya.

Di Pulau Komodo malah kami tidak bertemu satupun dengan komodo. Katanya, karena lagi musim kawin. Jadi mereka sibuk cari pasangan masing masing. Kami juga mengambil short track  tetapi kami tidak menaiki bukit untuk melihat pemandangan. Karena kami semua udah tepar. Karena puasa dan kami harus terus trekking, akhirnya kami menolak untuk naik bukit dari Pulau Komodo.

Tapi kami mendapatkan beberapa foto dari jalan untuk memasuki Pulau Komodo.

Foto diatas, itu adalah jalan untuk memasuki Pulau Komodo.

Tour pulau sudah berakhir!
Setelah dari Pulau Komodo, kami pergi ke Kampung Komodo yang letaknya tidak jauh dari Pulau Komodo, untuk menginap semalam disana.

Trip to Flores kali ini bahas tour Pulau aja dulu ya. Trip to Flores selanjutnya akan membahas tour ke desa Waerebo!

Sampai bertemu di Trip to Flores selanjutnya!