Sabtu, 23 Mei 2015

Review Film Radio

Halloo! Selamat malam! Malam ini gue mau mereview film 'Radio' yang dikisahkan berdasarkan kisah nyata. So, here we go! 

Menurut gue, film ini menginspirasi banget sih! 

Jadi gini kisahnya, radio ini adalah tokoh utama dari kisah ini. Radio di dalam film ini diperankan oleh cuba gooding jr. Radio ini 'lebih spesial' dibandingkan dengan orang orang sekitarnya. Dia lebih lambat dalam mencerna sesuatu tapi secara keseluruhan dia sama aja sih kayak orang orang sekitarnya. 

Awalnya, radio ini gak punya kegiatan. Sehari-harinya dia cuman keliling sambil membawa keranjangnya dan beberapa kali melihat tim futbol lagi latihan. Akhirnya si coach jones (diperankan oleh Ed harris) ini mulai memperhatikan radio. Dia mulai mencoba mengenal radio lebih lagi. Yang akhirnya coach jones ini bener bener slalu ada buat radio dan bener bener merubah hidupnya radio. 

Sebetulnya, nama asli dari radio bukan radio. Tapi James Robert Kennedy. Kenapa dipanggil radio? Karena ketia coach jones menanyakan namanya, dia gak pernah jawab. Dan james ini jatuh cinta banget sama radio. Dia suka banget dengerin radio. Kemana mana dia  slalu bawa radio dan dia ngerti masalah musik musik yang bagus! 

Dari situlah nama radio berasal. Oiya balik ke coach james. Coach james ini banyak ngelakuin hal untuk radio! Kayak dari mulai mengikut sertakan radio dalam pertandingan futbol. Bukan sebagai pemain, hanya untuk melihat pertandingan. Coach jones juga menyekolahkan radio. Yang awalnya gak bisa nulis dan takut untuk menulis, akhirnya dia mulai nulis. Yang awalnya takut untuk ngomong di depan umum, dia malah jadi pembicara untuk memberitahu menu makanan yang tersedia. 

Ketika ibu dari radio meninggal, akhirnya coach jones yang menemani radio sehari harinya. Yang slalu mengajak radio ke gereja bahkan hingga radio lulus sekolah. 

Radio ini bener bener anak yang baik. Karena 'kelebihan' nya itu dia yang polos dan masih punya hati yang bersih, itu yang menjadikan dia orang baik dan bikin orang orang disekitarnya belajar dari dia. 


Pernah suatu saat, radio dipermainkan oleh 3 orang anak. Radio disuruh untuk menemui salah satu guru di ruang ganti wanita. Awalnya radio menolak, tetapi anak pengganggu tersebut berkata "kamu tidak ingin mengecewakannya kan?" Akhirnya radio setuju untuk pergi ke ruang ganti wanita sendirian. Dan ternyata dia hanya dijebak, tidak ada guru yang ingin menemuinya di sana. Hingga berita ini tersebar, coach jones bertanya kepada radio siapa yang melakukan hal itu kepadanya. Tapi radio berkali kali bilang "tidak" karena dia tidak ingin anak pengganggu tersebut terkena amarah dari coach jones. Akhirnya coach jones bilang "kamu pria yang baik, radio. Bahkan jauh lebih baik daripada saya" 

Kurang lebih ceritanya gitu sih. Menurut gue ini menginspirasi banget. Banyak banget pelajaran yang bisa gue ambil dari film yang berdasarkan kisah nyata ini. 

Seperti, orang baik yang semakin hari semakin punah. Tetapi orang baik ada di dalam seseorang yang seperti radio. Yang dianggap berbeda diantara yang lain. Tapi orang yang normal seperti kita kadang menganggap remeh dan enggan menerima mereka. Lebih baik mana diantara kita dengan mereka? Jauh lebih baik dan lebih mulia mereka. 

Banyak juga pelajaran yang bisa diambil dari coach jones. Dia rela diberi kritik oleh lingkungannya hanya karena mempertahankan keinginannya untuk terus membantu radio sehari harinya. Semakin sedikit bukan orang seperti coach jones di zaman sekarang? Sulit loh mempertahankan keinginan untuk melakukan hal baik dengan kritikan oleh lingkungan sekitar. 

Pas ngeliat film ini, beberapa kali gue nangis hehe. Karena gue bisa ngeliat definisi "orang baik" yang sebenernya di film ini. Gue bisa ngeliat kepolosan dan ketulusan radio dalam melakukan segala sesuatu. Itu bikin gue ngerasa "yaampun gue yang normal tapi gue gak bisa jadi orang baik kayak gitu" dan film ini mendorong gue juga untuk melakukan hal hal baik di hidup gue. Punya keinginan juga untuk membantu orang lain kayak apa yang coach jones lakuin. Pokoknya film ini bener bener ngasih pesan moral banget sih! 

Masih banyak hal hal baik yang dilakukan coach jones dan radio dalam kisah mereka. Masih banyak pesan yang bisa diambil. Silahkan ditonton film radio karena gue jamin itu akan ngebuka mata lo banget! 

Setiap pandangan orang beda beda. Review ini juga cuman menurut pandangan gue aja kok :) silahkan ditonton kalau ingin bikin review sendiri dari film ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar